Bongkar-pasang main wheel
Bongkar pasang main wheel
Bongkar-pasang main wheel atau roda pendarat utama pesawat Airbus 320 dilaksanakan mengacu pada maintenance manual AMM 32-41-000-006A
Warning
Saat proses penggantian yang harus diperhatikan :
- Pastikan ground safety lock terpasang di semua landing gear
- Hanya boleh melepas 1 ban dalam satu waktu. Jika melepas sekaligus 2, akan menyebabkan kerusakan pada pesawat dan melukai personel
Alat dan materials:
- Safety clip untuk cb
- trolley/ alat pengangkat ban
- Warning notice label
- Protector
- Adapter
- Tool
- Dongkrak
- Locking wire
- grease 03-6BB1
safety precaution :Pasang warning notice di kokpit agar tidak ada yang mengoperasikan landing gear
Check wheel assy
Wheel dengan tie bolt missing atau loose, fully deflate sebelum melepas axle nut
note: untuk tujuan penggantian, tetap harus di fully deflate!
Cabut dan amankan cb
L35 (brake fan 3 & 4)
L32 (brake fan 1& 2)
L32 (brake fan ctl)
Konfigurasi
Pastikan wheel on chock:pasang chock di wheel selain yang akan diganti
Pastikan ground lock terpasang
Parking brake on. Pastikan triple indicator correct
Fully deflate alias gembosin total ban yang akan diganti!
Cat: tidak perlu digembosi bila ban dilepas hanga untuk akses (mis saat penggantian brake) dengan ketentuan tidak ada kerusakan atau pressure masih normal.
Tahapan pelepasan
1. Lepas brake fan
- lepas sekrup dan tab washer ( tab washer ini kudu diganti yang baru)
- lepas debris guard
- lepas shroud
- lepas impeller brake fan (locking wire pada nut impeller harus diganti)
-kendorkan clamp dan lepas joint
2. Copot wheel
Warning : berat ban 130-200 kg.
Gunakan axle protector
Lepas axle nut dengan tahapan:
- lepas cotter pin dan castle nut (cotter pin dan castle nut harus diganti yang baru)
- lepas washer dan bolt
- lepas axle nut dengan adapter
Pasang axle protector (olesi dengan grease 03-6BB1 secara tipis)
Siapkan trolley atau alat pengangkat di bawah ban
Lepas ban
Pemasangan
Warning
Pastikan ground lock terpasang
Jangan terlalu mengolesi banyak grease ke axle sleeve
Safety precaution
Pasang warning notice di kokpit
Chock terpasang
Ground lock terpasang
Konfigurasi
Cb brake fan open
Landing gear sudah dijack
Protector terpasang
Park brake on:pastikan triple indicator correct
Jika pada main wheel terdapat pressure sensor seal cap, Pastikan terpasang dengan benar.
Patuhi mixability precaution
Ini adalah aturan penggantian wheel yang tidak setipe. Mis antara wheel jenis bias dan radial boleh dipertukarkan atau tidak.
Maka dalam hal ini, mengacu pada AMM 32-41-00-910-001A disebutkan bahwa main wheel boleh bertukar antara 46x16-20 dan 46x17R20
Tapi untuk nose wheel, tidak boleh bertukar bias dan radial. Dan merk harus sama sebab bisa unbalance
Persiapan sebelum pemasangan
Pastikan grease yang digunakan untuk axle sleeve sama dengan yang digunakan pada bearing
Pastikan bagian yang mesti dilepas tidak tertinggal lagi
Bersihkan area pemasangan
Periksa locking hole
Lepas brake dust
Periksa brake setelah wheel dilepas. Jika brake rusak, ganti!
Pastikan driving key dan brake rotor sejajar
Periksa axle protector dan retainer ring
periksa tachometer
Pemasangan wheel
Axle protector terpasang, pasang trolley
Dorong wheel full oh the axle
Lepas protector
Pasang axle nut dan kencangkan dengan adapter
Park brake off
Torsi axle nut antara 184, 37-221,24 lb ft sambil putar wheel ke arah pengencangan
Pastikan wheel tidak bergeser. Kendorkan axle nut perlahan
Torsi axle nut antara 36.87 - 73.75 lb ft
Tambah Torsi axle nut 110.62-140.12 lh ft
Pasang cotter pin baru dan castle nut
Putar wheel secara manual untuk memastikan telah terpasang dengan benar
Pasang brake fan
Inspeksi damage
Putar tachometer, Pastikan move freely
Pasang joint dengan clamp. Torsi screw pada clamp 24.78-30.09 lb in
Pasang shroud
Pasang impeller, washer dan nut ( olesi thread impeller dengan anti size 03-LBB1)
Torsi nut 22,86-25,7 lb in
Pasang locking wire 0.8 mm ( 0.032 in ) pada nut
Pasang debris guard
(torsi screw 11,8 - 14 lb ft)
Closing
Isi pressure ban
Turunkan jack
Lepas safety device dan close cb
Functional check brake fan
-
Bongkar-pasang main wheel atau roda pendarat utama pesawat Airbus 320 dilaksanakan mengacu pada maintenance manual AMM 32-41-000-006A
Warning
Saat proses penggantian yang harus diperhatikan :
- Pastikan ground safety lock terpasang di semua landing gear
- Hanya boleh melepas 1 ban dalam satu waktu. Jika melepas sekaligus 2, akan menyebabkan kerusakan pada pesawat dan melukai personel
Alat dan materials:
- Safety clip untuk cb
- trolley/ alat pengangkat ban
- Warning notice label
- Protector
- Adapter
- Tool
- Dongkrak
- Locking wire
- grease 03-6BB1
safety precaution :Pasang warning notice di kokpit agar tidak ada yang mengoperasikan landing gear
Check wheel assy
Wheel dengan tie bolt missing atau loose, fully deflate sebelum melepas axle nut
note: untuk tujuan penggantian, tetap harus di fully deflate!
Cabut dan amankan cb
L35 (brake fan 3 & 4)
L32 (brake fan 1& 2)
L32 (brake fan ctl)
Konfigurasi
Pastikan wheel on chock:pasang chock di wheel selain yang akan diganti
Pastikan ground lock terpasang
Parking brake on. Pastikan triple indicator correct
Fully deflate alias gembosin total ban yang akan diganti!
Cat: tidak perlu digembosi bila ban dilepas hanga untuk akses (mis saat penggantian brake) dengan ketentuan tidak ada kerusakan atau pressure masih normal.
Tahapan pelepasan
1. Lepas brake fan
- lepas sekrup dan tab washer ( tab washer ini kudu diganti yang baru)
- lepas debris guard
- lepas shroud
- lepas impeller brake fan (locking wire pada nut impeller harus diganti)
-kendorkan clamp dan lepas joint
2. Copot wheel
Warning : berat ban 130-200 kg.
Gunakan axle protector
Lepas axle nut dengan tahapan:
- lepas cotter pin dan castle nut (cotter pin dan castle nut harus diganti yang baru)
- lepas washer dan bolt
- lepas axle nut dengan adapter
Pasang axle protector (olesi dengan grease 03-6BB1 secara tipis)
Siapkan trolley atau alat pengangkat di bawah ban
Lepas ban
Pemasangan
Warning
Pastikan ground lock terpasang
Jangan terlalu mengolesi banyak grease ke axle sleeve
Safety precaution
Pasang warning notice di kokpit
Chock terpasang
Ground lock terpasang
Konfigurasi
Cb brake fan open
Landing gear sudah dijack
Protector terpasang
Park brake on:pastikan triple indicator correct
Jika pada main wheel terdapat pressure sensor seal cap, Pastikan terpasang dengan benar.
Patuhi mixability precaution
Ini adalah aturan penggantian wheel yang tidak setipe. Mis antara wheel jenis bias dan radial boleh dipertukarkan atau tidak.
Maka dalam hal ini, mengacu pada AMM 32-41-00-910-001A disebutkan bahwa main wheel boleh bertukar antara 46x16-20 dan 46x17R20
Tapi untuk nose wheel, tidak boleh bertukar bias dan radial. Dan merk harus sama sebab bisa unbalance
Persiapan sebelum pemasangan
Pastikan grease yang digunakan untuk axle sleeve sama dengan yang digunakan pada bearing
Pastikan bagian yang mesti dilepas tidak tertinggal lagi
Bersihkan area pemasangan
Periksa locking hole
Lepas brake dust
Periksa brake setelah wheel dilepas. Jika brake rusak, ganti!
Pastikan driving key dan brake rotor sejajar
Periksa axle protector dan retainer ring
periksa tachometer
Pemasangan wheel
Axle protector terpasang, pasang trolley
Dorong wheel full oh the axle
Lepas protector
Pasang axle nut dan kencangkan dengan adapter
Park brake off
Torsi axle nut antara 184, 37-221,24 lb ft sambil putar wheel ke arah pengencangan
Pastikan wheel tidak bergeser. Kendorkan axle nut perlahan
Torsi axle nut antara 36.87 - 73.75 lb ft
Tambah Torsi axle nut 110.62-140.12 lh ft
Pasang cotter pin baru dan castle nut
Putar wheel secara manual untuk memastikan telah terpasang dengan benar
Pasang brake fan
Inspeksi damage
Putar tachometer, Pastikan move freely
Pasang joint dengan clamp. Torsi screw pada clamp 24.78-30.09 lb in
Pasang shroud
Pasang impeller, washer dan nut ( olesi thread impeller dengan anti size 03-LBB1)
Torsi nut 22,86-25,7 lb in
Pasang locking wire 0.8 mm ( 0.032 in ) pada nut
Pasang debris guard
(torsi screw 11,8 - 14 lb ft)
Closing
Isi pressure ban
Turunkan jack
Lepas safety device dan close cb
Functional check brake fan
-
Comments
Post a Comment