Inspeksi Harian Pesawat Terbang 6 -Monitor Oli Mesin
Monitor oli mesin
Pengecekan oli mesin pada Airbus 320 dengan engine CFM 56-5b dilakukan dengan membuka sebuah panel di samping kiri engine cowl.
Panel inilah akses untuk melihat isi tangki oli sekaligus untuk membuka kap penutup tangki. Tetapi untuk membuka kap penutup oli, ada warning : BUKA CAP PENUTUP OLI 5 MENIT SETELAH ENGINE MATI.
Jika aturan ini tidak diindahkan, maka oli yang masih bertekanan dan temperaturnya masih tinggi itu bisa muncrat. Dan cairan panas berminyak jika menyembur dan mengenai kulit...bayangkan sendiri apa yang terjadi.
Pengecekan dilakukan melalui sight glass, kaca monitor yang ada di samping tangki. Melalui sight glass, level oli akan kelihatan.
oil servicing
Pengisian oli dilakukan antara 5 sampai 60 menit setelah engine mati.
Bagaimana jika telah lewat dari 60 menit?
Lewat dari 60 menit, engine harus dimotoring terlebih dahulu, dimatikan baru diisi.
Oli diisi sampai batas "full" atau 3/4 dari "full"
EMCD
EMCD ( Electrical Master Chip Detector) adalah sebuah detektor penanda yang jika pop out ( mencolot keluar), ada kemungkinan bahwa salah satu filter oli tersumbat.
komponen ini bisa terlihat jika engine oil service panel dibuka. Maka EMCD turut diperiksa ketika memonitor oli mesin. Pastikan EMCD tidak pops out.
Kalau pops out?
Harus direset kembali alias ditekan ke posisi semula. Disamping itu harus dilakukan trouble shooting berikutnya seperti memeriksa master chip detectornya sendiri.
Pengecekan oli mesin pada Airbus 320 dengan engine CFM 56-5b dilakukan dengan membuka sebuah panel di samping kiri engine cowl.
Panel inilah akses untuk melihat isi tangki oli sekaligus untuk membuka kap penutup tangki. Tetapi untuk membuka kap penutup oli, ada warning : BUKA CAP PENUTUP OLI 5 MENIT SETELAH ENGINE MATI.
Jika aturan ini tidak diindahkan, maka oli yang masih bertekanan dan temperaturnya masih tinggi itu bisa muncrat. Dan cairan panas berminyak jika menyembur dan mengenai kulit...bayangkan sendiri apa yang terjadi.
Pengecekan dilakukan melalui sight glass, kaca monitor yang ada di samping tangki. Melalui sight glass, level oli akan kelihatan.
oil servicing
Pengisian oli dilakukan antara 5 sampai 60 menit setelah engine mati.
Bagaimana jika telah lewat dari 60 menit?
Lewat dari 60 menit, engine harus dimotoring terlebih dahulu, dimatikan baru diisi.
Oli diisi sampai batas "full" atau 3/4 dari "full"
EMCD
EMCD ( Electrical Master Chip Detector) adalah sebuah detektor penanda yang jika pop out ( mencolot keluar), ada kemungkinan bahwa salah satu filter oli tersumbat.
komponen ini bisa terlihat jika engine oil service panel dibuka. Maka EMCD turut diperiksa ketika memonitor oli mesin. Pastikan EMCD tidak pops out.
Kalau pops out?
Harus direset kembali alias ditekan ke posisi semula. Disamping itu harus dilakukan trouble shooting berikutnya seperti memeriksa master chip detectornya sendiri.
Comments
Post a Comment