Inspeksi Harian Pesawat Terbang 8 - Roda Pendarat Utama (belakang)
Inspeksi di seputar main landing gear meliputi:
Door and wheel well
Main landing gear kanan dan kiri memiliki pintu yang terbuka menjelang landing. Setelah landing gear turun dan terkunci, pintu ini kembali tertutup.
Inspeksi dilakukan pada bagian pintu dan wheel well (ruang penyimpanan ban).
Gear and assy structure
Ini meliputi tiang dan aktuator landing gear beserta komponen-komponen pendorong lainnya.
Shock absorber sliding tube
Sliding tube dicek untuk memastikan tidak ada tanda kebocoran. Selain itu panjang sliding tube pun dipastikan masih normal yakni antara 9 -20 mm ( sesuai temperatur rata-rata bandara di Indonesia:30 derajat celcius).
Bersihkan sliding tube dengan cairan fluid mat no 02-002 ( fluid 41) dan lap dengan kain bersih yang kering.
Proximity detector: cek, kebersihanya
Brake unit: periksa tanda kebocoran dan overheat
Wheel (ban)
Periksa kerusakan pada rim (pelek), kerusakan/kehilangan tie bolt
Tire (karet ban)
Periksa kerusakan dan tanda under inflation (kempes) serta over inflation (tekanan berlebih).
Marking anda decal: stiker dan tempelan placard
Brake pin (pin pada rem)
Brake pin menunjukkan tebal tipisnya brake pad pada rem. Pin yang memendek menunjukkan brake pad telah menipis. Aturan perusahaan adalah, segera ganti rem atau brake jika panjang pin telah memendek sampai 1,5 mm.
Door and wheel well
Main landing gear kanan dan kiri memiliki pintu yang terbuka menjelang landing. Setelah landing gear turun dan terkunci, pintu ini kembali tertutup.
Inspeksi dilakukan pada bagian pintu dan wheel well (ruang penyimpanan ban).
Gear and assy structure
Ini meliputi tiang dan aktuator landing gear beserta komponen-komponen pendorong lainnya.
Shock absorber sliding tube
Sliding tube dicek untuk memastikan tidak ada tanda kebocoran. Selain itu panjang sliding tube pun dipastikan masih normal yakni antara 9 -20 mm ( sesuai temperatur rata-rata bandara di Indonesia:30 derajat celcius).
Bersihkan sliding tube dengan cairan fluid mat no 02-002 ( fluid 41) dan lap dengan kain bersih yang kering.
Proximity detector: cek, kebersihanya
Brake unit: periksa tanda kebocoran dan overheat
Wheel (ban)
Periksa kerusakan pada rim (pelek), kerusakan/kehilangan tie bolt
Tire (karet ban)
Periksa kerusakan dan tanda under inflation (kempes) serta over inflation (tekanan berlebih).
Marking anda decal: stiker dan tempelan placard
Brake pin (pin pada rem)
Brake pin menunjukkan tebal tipisnya brake pad pada rem. Pin yang memendek menunjukkan brake pad telah menipis. Aturan perusahaan adalah, segera ganti rem atau brake jika panjang pin telah memendek sampai 1,5 mm.
Comments
Post a Comment